Selasa, 23 November 2010

Hanya Seperti Ketombe, Abu Vulkanik Bikin Panik

Paska meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta, dampak untuk daerah yang jauh dari luar Yogyakarta tidak hanya soal simpati dan bantuan. Kepanikan dan rasa waswas pun menyebar ke daerah lain, terutama yang tinggal di dekat gunung yang aktif.kepanikan pun tidak hanya karena keberadaan gunung aktif yang kini statusnya terus dipantau dan diberitakan ke masyarakat. Ada pula efek fisik, yaitu debu vulkanik yang sempat “mampir” ke Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Walau hanya seperti ketombe yang jatuh ke bahu pakaian hitam, namun kejadian ini cukup menggegerkan warga jatinangor, terutama para mahasiswa. Penjualan masker pun sempat melesat dalam sehari, semua masker di apotek daerah jatinangor terjual habis. “stok kami tiba-tiba habis dalam sehari, dan belum ada kiriman dari pusat (Bandung), katanya di sana mereka juga kehabisan stok.” Ujar Marni, apoteker di Klinik Jatinangor, di Jalan Raya Jatinangor. Bahkan warung-warung di area Jatinangor pun berinisiatif menjual masker demi meraup keuntungan dengan memanfaatkan situasi.
Namun dalam segi kesehatan masyarakat, belum ada yang terkena dampak kesehatan yang berarti dari hadirnya Abu Vulkanik tersebut, hanya saja sudah ada beberapa yang memang memiliki sinusitis yang khusus memeriksakan keadaannya seiring hadirnya abu vulkanik di Jatinangor tersebut. (Oleh : M. Fajar FY)

0 komentar:

Posting Komentar