Rabu, 24 November 2010

'Anak Kostan' Bukan Alasan Makan Yang Instan

Kehidupan kostan seringkali membuat orang yang menjalankannya melupakan kewajiban untuk tetap sehat. Hidup sendirian dan jauh dari keluarga yang mengawasi juga merupakan salah satu faktor penyebab hal tersebut terjadi. Semua hal siap pakai adalah pilihan utama yang biasanya ada di setiap kamar pengguna kostan, terutama dalam hal pangan. Mereka seringkali menggunakan alasan sibuk, tugas, letih, dan sebagainya untuk terus mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut, padahal mereka tahu yang sebenarnya bahwa makanan tersebut dapat dengan mudahnya menyakiti bagian organ tubuh mereka.




Mie instan dan fast food adalah makanan tidak sehat yang paling sering dikonsumsi oleh anak kostan, karena mereka mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, semua kemudahan yang diberikan juga diiringi oleh bahaya yang dimiliki makanan tersebut. Menurut informasi kedokteran, terdapat lilin yang melapisi mie instan, sehingga mie tersebut tidak lengket antara satu sama lain ketika dimasak, Konsumsi mie instan setiap hari dapat menimbulkan kemungkinan pengkonsumsi terjangkit kanker. Tubuh kita membutuhkan waktu lebih dari dua hari untuk membersihkan lilin tersebut.
Sudah terjadi kasus yang disebabkan karena mengkonsumsi mie instan secara berlebihan, Hilal, seorang anak laki-laki berumur enam tahun yang tinggal di Garut harus merelakan bagian ususnya yang telah busuk dan bocor dipotong sekitar 10cm. Hilal mengkonsumsi mie instan hingga dua kali sehari, dikarenakan keluarganya terlalu sering memberikan mie instan, sehingga Hilal menjadi ketagihan dan akan mogok makan jika tidak diberikan mie instan. Akibatnya Hilal harus menjalani dua kali operasi karena setelah operasi pertama dilakukan, dokter masih menemukan tempat lain yang busuk dan bocor di ususnya.
Selain mie einstan, fast food atau junk food juga menyebabkan beberapa penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Minyak belebih yang gurih menjadi salah satu daya tarik dari fast food, dan disitulah asal dari penyakit yang menyerang tubuh kita melalui fast food. Kolestrol, obesitas, hingga penyakit jantung adalah daftar dari penyakit yang kemungkinan besar terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi junk food.
Masih banyak cara lain yang dapat dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh di cuaca yang tidak menentu, misalnya dengan meriset sendiri dimana tempat yang menjual makanan rumahan sehat di daerah sekitar kostan anda. Hal itu bisa dilakukan dengan mengecek dapurnya, rumah makan rumahan biasanya mengijinkan kita mengintip dapurnya dengan alasan-alasan remeh, memesan makanan ataupun ingin menggunakan toilet. Dari situ, kita dapat mengecek keadaan dapurnya, dapur yang tidak sehat tentu saja memiliki sampah yang tidak diatur dengan baik, kita juga dapat melihat kualitas bahan-bahan makanan yang digunakannya.
Kita juga dapat melihat bagaimana cara penyajian makanannya, jika banyak lalat dan tidak diusir oleh pemilik restorannya, berarti makanan tersebut tidak sehat. Ketika makan, jangan lupa untuk melihat makanannya secara lebih teliti, misalnya, apakah ada bulu yang tersisa di kuliat ayam, dan sebagainya. Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan dan hasilnya sudah kita dapatkan, akan lebih mudah untuk menentukan rumah makan sehat yang dapat kita andalkan untuk menjadi tempat membeli makanan di kala kita sibuk dan membutuhkan makanan dengan cepat.
Namun, ketika kita mempunyai waktu yang lebih luang, memasak sendiri adalah pilihan yang lebih baik, selain melatih kemampuan memasak, kita juga lebih mudah memilih bahan-bahan sehat untuk diolah menjadi makanan yang akan kita konsumsi.
Selama ada kemauan, disitu ada jalan. Anak kostan tetap bisa hidup sehat.

Oleh: Uswatun Khasanah

Sumber :
-http://www.beritaterkinionline.com/2009/08/usus-dipotong-akibat-gemar-makan-mie-instan.html

-http://ogut267.blogspot.com/2010/11/bahan-berbahaya-disekitar-kita.html

-https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEChKJplw7wLYNHy6_NCbnU-XnsmBfgaGr6uWFObBAd6N5QW7lRUIK6LJSEi9B-32j5OyZPrCfrIGlG6VipcaxKNlPjnbUjzzyXppu70ahiu11LgSsRAQuWSUKomm3WBKRmQNzWmqepej0/s400/mie-instan.jpg

-http://www.topnews.in/files/junk-food_0.jpg

0 komentar:

Posting Komentar